Home » , » SERAH TERIMA MAHASISWA PPL IKIP PGRI SEMARANG DI SMP N 2 KALIWUNGU TAHUN 2012

SERAH TERIMA MAHASISWA PPL IKIP PGRI SEMARANG DI SMP N 2 KALIWUNGU TAHUN 2012

Written By sukasmo on Kamis, 30 Agustus 2012 | 12.47


Guru adalah jabatan professional yang dalam menjalankan tugasnya memerlukan seperangkat kompetensi keguruan. Untuk memperolehnya diperlukan proses pembentukan kompetensi tersebut, antara lain melalui kegiatan Praktik Pengalamam Lapangan ( PPL ) yang wajib dilakukan oleh mahasiswa keguruan.
SMP Negeri 2 Kaliwungu pada tahun pelajaran 2012 – 2013 ini mendapat kepercayaan dari IKIP PGRI Semarang untuk diajak kerjasama dalam kegiatan PPL Mahasiswa IKIP PGRI Semarang tahun 2012. Sebanyak 16 Mahasiswa dari berbagai jurusan antara lain Bahasa Indonesia, Bhasa Jawa, Bahasa Inggris, IPA Fisika, IPA Biologi, Matematika, dan PKn telah ditetapkan sebagai Mahasiswa praktikan oleh IKIP PGRI Semarang.
Pada hari Kamis tanggal 30 Agustus 2012 telah dilaksanakan kegiatan serah terima Mahasiswa PPL IKIP PGRI Semarang dengan SMP N 2 Kaliwungu sebagai sekolah tempat praktikan yang dihadiri oleh salah satu dosen pembimbing yaitu Bp.Suyoto,M.Pd. Pada sambutannya Bp.Suyoto,M.Pd menyampaikan permohonan kepada para Guru Pamong untuk dapat membimbing mahasiswa PPL sebagai Dosen pembimbing selama mereka berada di SMP N 2 Kaliwungu serta memberikan pesan kepada para Mahasiswa PPL bahwa untuk bisa menjadi Guru yang professional dan mempunyai jatidiri dimulai dari kegiatan PPL ini, sehingga beliau menghimbau dan mewajibkan para Mahasiswa PPL untuk wajib hadir di SMP N 2 Kaliwungu baik pada kegiatan intra maupun ekstrakurikuler.
Dalam kesempatan tersebut Bp.Drs.Trikora Irianto,M.Si selaku kepala sekolah SMP N 2 Kaliwungu mengucapkan selamat dating kepada para Mahasiswa praktikan serta ucapan terima kasih kepada IKIP PGRI Semarang yang telah berkenan untuk bekerjasama dalam kegiatan PPL Mahasiswa IKIP PGRI Semarang dan semoga kegiatan ini dapat berlangsung di tahun yang akan dating.
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) IKIP PGRI Semarang merupakan kegiatan kurikuler yang dilakukan mahasiswa Praktikan, sebagai pelatihan untuk menerapkan teori yang telah diperoleh dari mata kuliah pada semester – semester sebelumnya, dan dikembangkan dalam mata kuliah PPL-1, serta PPL-2. Melalui pelatihan tersebut, mahasiswa akan memperoleh pengalaman dan ketrampilan dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran di sekolah maupun di luar sekolah.
Praktik Pengalaman Lapangan meliputi kegiatan perkuliahan PPL 1 di kampus yang berorientasi pada persiapan, dan pengembangan perangkat pembelajaran, pendalaman materi pelajaran sekolah, pengembangan media pembelajaran, praktek peer teaching, serta PPL-2 yang berisi serangkaian kegiatan meliputi pemantapan micro teaching, pembekalan mahasiswa yang berorientasi kepribadian dan karakter, serta praktik pengalaman mengajar di sekolah latihan, maupun kegiatan pendidikan lainnya baik yang bersifat kokurikuler maupun ekstrakurikuler yang berlaku di sekolah latihan.
Adapun sasaran dari kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan mempunyai sasaran agar mahasiswa memiliki seperangkat pengetahuan, sikap dan ketrampilan yang dapat menunjang tercapainya kompetensi professional, pedagogic, kepribadian dan sosial, yang mereka perlukan dalam menjalankan tugas profesi.
Share this article :

0 komentar:

Poskan Komentar



 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. SMP N 2 KALIWUNGU - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger