Berita Terbaru

SUKSES UN 2018

Ujian Nasional SMP adalah Ujian yang wajib ditempuh siswa kelas 9. Meskipun regulasi baru menetapkan bahwa hasil Ujian nasional ini tidak mempengaruhi kelulusan, tetap saja siswa harus mempersiapkan dengan matang agar hasil Ujian nasional sesuai dengan harapan.
Kriteria kelulusan dari Satuan Pendidikan hanya mempersyaratkan keikutsertaan siswa dalam Ujian Nasional, sedangkan hasil dari Ujian Nasional tersebut mempunyai beberapa fungsi tergantung dari sudut pandang masing-masing. Bagi pemerintah, hasil ujian ini sebagai dasar pemetaan mutu pendidikan. Bagaima mutu sebuah sekolah, sebuah kabupaten bisa dilihat salah satunya adalah dari rata-rata hasil ujian. Dengan melihat hasil ujian ini pemerintah dapat mempertimbangkan beberapa langkah strategis untuk peningkatan mutu sekolah, salah satunya dengan melakukan pelatihan guru.
Bagi satuan pendidikan, hasil ujian bisa memperlihatkan posisi tawar dengan sekolah lain. Biasanya tinggi rendahnya nilai ujian akan mempengaruhi kredibilitas sekolah di mata masyarakat sekitar. Dari hasil ujian ini pula, sekolah menyusun langkah-langkah strategis untuk perbaikan mutu lulusan di tahun berikutnya. Sementara itu bagi siswa, hasil ujian sangat menentukan tempat selanjutnya dia melanjutkan sekolah di jenjang atasnya. Apakah bisa masuk sekolah favoritnya ataukan cukup puas dengan sekolah swasta.
Begitulah, ada beragam kepentingan dari adanya ujian nasional. Itulah sebabnya, sekolah selalu mempersiapkan strategi Sukses Ujian Nasional. Program ini setidaknya harus mendapatkan dukungan sepenuhnya dari guru, siswa, dan orang tua siswa itu sendiri. 
Berikut adalah Program Sukses Ujian nasional yang direncanakan oleh Tim SUkses Ujian nasional SMPN 2 Kaliwungu:
1. Tambahan jam pelajaran
2. Sholat Dhuha dan Dhuhur berjama'ah
3. Asma'ul husna di Hari Jum'at
4. Home Visit
5. Try Out Ujian Nasional selama 3x 
6. Istighosah/Do'a Bersama
7. Pemadatan Materi Ujian Nasional
Semoga program yang sudah dicanangkan dapat terlaksana dengan baik, dan membuahkan hasil yang sepadan.



Tidak ada komentar